20 Februari 2011

Pernah mengalami komponen komputer kita tidak berfungsi? Misalnya saja card reader di laptop kita tidak bisa membaca SD Card? Coba kita periksa Device Manager komputer kita, adakah tanda tanya atau tanda seru di daftarnya? ( Device Manager bisa dibuka dari Control Panel)

Windows 7 menawarkan kemudahan instalasi, yaitu dengan menambahkan berbagai macam driver dalam DVD installernya. Ketika selesai diinstal pada umumnya kita merasa puas karena pada umumnya semua hardware sudah dikenali Windows, kita merasa “tidak perlu” menginstall driver satu per satu seperti ketika Windows XP dulu.

Dalam sedikit kasus, tidak semua hardware dikenali Windows 7, perangkat tambahan yang “tidak umum” kadang kala tidak dikenalinya. Buka Device Manager dari Control Panel untuk melihatnya:

Unknown Device di Windows 7
Unknown Device di Windows 7

Kita perlu menginstal secara manual driver dari komponen tersebut supaya semua perangkat di komputer kita berfungsi dengan benar. Masalahnya adalah, driver apa yang harus diinstal? Sedangkan Windows  pun tidak mengenali perangkat apa itu. Kalau misalnya Windows tahu bahwa itu adalah perangkat bluetooth atau perangkat audio atau perangkat kabel data misalnya, maka kita akan cepat dapat mencari drivernya dan menginstalnya. Jenis perangkat apa, belum diketahui.Cara pertama yang cukup simple dan handal, kita bisa menggunakan software kecil “Unknown Device Identifier 7.00″

Unknown Device Identifier 7.0
Unknown Device Identifier 7.0

“Unknown Device” akan ditandai dengan blok berwarna merah, di bagian Detail klik PnP ID, kemudian klik kanan pada hardware id-nya dan pilih “Find Driver”. Software tersebut bisa di download di sini.

Cara lain yang prinsi kerjanya kurang lebih sama dengan software di atas, bisa kita lakukan sendiri dengan sedikit jerih payah. Pertama-tama kita harus mengetahui dulu jenis dari hardware komponen tersebut. Caranya, klik kanan di “Unknown device” tersebut dan pilih “Properties”. Kemudian dalam jendela properties, buka tab “Details”, seperti gambar berikut ini:

Details – Hardware IDs

Di bagian “Property”, buka drop-down-menu dan pilih “Hardware Ids” seperti pada kotak merah gambar di atas. Akan ditampilkan di bawahnya mengenai hardware yang dimaksud dengan kode angka seperti pada gambar di atas. Yang kita butuhkan hanya bagian VEN (yang artinya Vendor Identity atau Identitas Produsen atau Identitas Pabrik), dan yang kedua bagian DEV (yang artinya Device Identity, atau Identitas perangkat keras). Seperti contoh di atas maka identitas VENDOR: 1217, identitas DEVICE: 7120

Logikanya sederhana saja, yaitu bahwa semua produsen atau pabrik perangkat keras komputer memiliki nomor identitas, dan produsen tersebut bisa memproduksi banyak macam perangkat keras dan mendaftar masing-masing perangkat keras tersebut sebagai Device Id.

Langkah selanjutnya adalah mencari jenis perangkat keras yang dimaksud, paling sederhana adalah dengan bantuan Google. Copy-paste bagian hardware tersebut di atas, hanya saja kita hanya membutuhkan bagian VEN dan DEV sebagai kata kunci di google: “VEN_1217&DEV_7120“.

Baca dengan seksama penjelasan dari masing-masing penemuan oleh google, dan kita akan menemukan identitas pembuatnya, misalnya saja Realtek. Kemudian kita bisa melakukan pencarian lanjutan untuk mencari driver dari hardware tersebut melalui google, atau kalau vendornya adalah perusahaan ternama akan lebih mudah bila kita mengunjungi website dari vendor tersebut dan memasukkan kata kunci hardware id (DEV) di website mereka, maka kita akan dituntun ke download driver yang paling tepat,  tepat karena memang dibuat langsung oleh pembuat hardwarenya sendiri. Jangan lupa untuk memilih driver sesuai dengan sistem operasi yang kita pakai, dalam hal ini windows 32 bit ataukah windows 64 bit; karena software driver untuk kedua jenis windows itu sangatlah berlainan algoritmanya dan tidak bisa saling dipertukarkan.

Cara lain mencari vendor dan device id:
Kunjungi http://www.pcidatabase.com/; masukkan VEN id dan atau DEV id ke kotak pencarian yang ada, dan kita akan langsung ditunjukkan vendor dari hardware tersebut. Setelah mengetahui vendor-nya kita bisa mengunjungi situs vendor tersebut (dengan bantuan google tentunya), atau kemudian kita bisa mencari driver dari hardware tersebut di situs-situs penyedia driver, sebut saja contohnya http://driveragent.com/, softpedia, driver.com, dll.

Setelah mendapatkan driver yang sesuai dengan sistem operasi yang kita pakai, kemudian install, dan semoga hal itu sudah mengatasi unknown device di Device Manager komputer kita.

NB:
Sebisa mungkin kita disarankan untuk menginstal driver dari vendor masing-masing perangkat keras komputer kita, jangan menyerahkan saja pada driver bawaan Windows 7.  Instalasi driver bawaan Windows 7 memang tidak membuat Device Manager kita menjadi ber-tanda tanya atau tanda seru, tetapi kebanyakan driver bawaan windows ini sudah usang dan tidak up-to-date. Sebagai contoh, bila laptop kita mempunyai chip grafis terintegrasi dari Intel, maka Windows 7 langsung mengenalinya dan menginstalkan driver yang sesuai untuk chip grafis ini. Tapi coba jalankan game Chess di Windows 7 dengan driver bawaan windows ini, akan kita dapati gambarnya putus-putus, gerakannya patah-patah, bahkan di sebagian laptop yang lain malah sama sekali macet dan tidak bisa dimainkan. Kunjungi vendor Intel, dan download driver terakhir dari chipset grafis komputer kita, kemudian install, dan foilla…. game Chess akan berjalan dengan mulus!

Ini berlaku juga untuk masing-masing komponen lain pada komputer kita. Jadi, sebaiknya jangan menunggu tanda tanya atau tanda seru untuk mengupdate driver komputer kita, kalu kita ingin komputer kita bekerja secara optimal sesuai seharusnya. :)

NB:

Anda juga bisa menggunakan DVD instalasi DriverPack Pro, untuk mengatasi driver unknown device.

Baca juga artikel tentang arisan berantai, dan dapatkan penghasilan dari berinternet!

About these ads