12 Maret 2011
Setelah sebelumnya penulis membuat artikel tentang “Download Film, Music, Software, dan berbagai Materi Lain dengan Metode Torrent”, kali ini penulis mennyajikan artikel tentang bagaimana pengaturan software uTorrent supaya “lebih cepat” dalam mendownload suatu file torrent. uTorrent adalah software kecil yang digunakan sebagai bittorrent client, supaya kita bisa mendownload dengan metode torrent.
Sebenarnya tidak mutlak “mempercepat”, akan tetapi berbagai pengaturan berikut lebih membuat software tersebut menjadi lebih efisien dalam keadaan tertentu, sehingga dalam keadaan tersebut akan bisa mendownload lebih cepat. Bagi anda yang sudah cukup puas dengan kinerja uTorrent standar, artinya tanpa tweaking, juga tidak harus mengikuti pengaturan-pengaturan ini. Peningkatan performa pada uTorrent dengan tweaking ini sekali lagi hanya terjadi pada keadaan-keadaan khusus, yang bisa dimengerti dari berbagai parameter yang nanti akan diubah. Pada berbagai keadaan normal seperti koneksi internet yang cepat dan seedernya sangat banyak, pengaturan berikut tidak akan meningkatkan performa, karena pada kondisi defaultnya saja performanya sudah akan sangat baik.

Seting pada Connection

Pertama-tama, buka window uTorrent dan pilih menu Option>Preferences. Dalam hal ini penulis memakai uTorrent versi 2.0.4; jika Anda memakai versi yang lebih baru pastinya ada sedikit perbedaan pada tampilan dan kelengkapan menunya, akan tetapi tidak masalah, karena garis besarnya sama saja. Seperti pada gambar pertama di atas, pilih sub menu connection dan isikan port number (ubah angkanya) seperti pada gambar.
Kedua, pilih submenu Bandwith, dan atur angkanya seperti pada gambar berikut ini:

Seting pada Bandwith

Ketiga, pilih submenu Bittorent, dan pastikan setingnya seperti gambar berikut ini:

Seting submenu Bittorrent

Keempat, atur submenu Advanced:

Masih ada beberapa yang lain yang perlu diubah di Advanced ini

Untuk yang submenu Advanced ini masih ada beberapa subitem lain yang perlu diubah nilainya selain pada gambar di atas. Ubah parameter lain seperti berikut ini (scroll ke bawah pada submenu Advanced di komputer anda dan cari subitem-subitem ini!):
  1. bt.allow_same_ip -> true
  2. bt.enable_tracker -> true
  3. bt.send_have_to_seed -> false
  4. dht.rate -> 2
  5. gui.bypass_search_redirect -> true
  6. gui.delete_to_trash -> false
  7. ipfilter.enable -> false
  8. net.max_halfopen -> 66
  9. net.outgoing_max_port -> 50
  10. net.wsaevents -> 150
  11. peer.disconnect.inactive_interval -> 900
  12. rss.Update_interval -> 20
Demikian pengaturan software uTorrent yang telah dicoba oleh penulis. Bila tweaking seperti tersebut di atas menimbulkan masalah, kita bisa kembalikan ke posisi default dengan menekan tombol Reset pada submenu Advanced tersebut.

NB:

Tambahkan trackers di bawah ini pada setiap download (terutama bila terasa lambat), klik kanan pada daftar trackers, dan pilih add trackers:
udp://exodus.1337x.org/announce
udp://tracker.openbittorrent.com/announce
udp://tracker.istole.it:80/announce
udp://genesis.1337x.org:1337/announce
udp://tracker.publicbt.com/announce
udp://tracker.irc.su:80/announce
udp://tracker.openbittorrent.com:80/announce
udp://tracker.publicbt.com:80/announce
udp://tracker2.istole.it:80/announce
udp://genesis.1337x.org:80/announce
Semoga bermanfaat!

NB:

Baca juga artikel tentang arisan berantai dan dapatkan penghasilan dengan berinternet.

About these ads