22 Desember 2011

Sebagian besar kita pemakai browser Mozilla Firefox cukup puas dengan banyak kelebihan dari browser ini, akan tetapi juga merasakan kelemahan yang sedikit mengganggu yakni loading awal browser ini terbilang cukup lama dibanding dengan IE atau Chrome. Di komputer penulis sendiri dengan bookmark sebanyak lebih dari 300 situs dan extension lengkap, ditambah beberapa add-ons, serta chace memory tidak pernah dihapus, maka loading awal dari browser ini bisa mencapai 10 detik. Akan tetapi bukan Firefox namanya, kalau hal ini tidak bisa diatur.

Firefox Preloader pada Mozilla Firefox 9

Untuk membuat startup Firefox menjadi cepat seperti IE, maka kita akan menggunakan add-ons “Preloader”, dengan langkah-langkah lanjutan yang akan dijelaskan di sini.

Pada dasarnya, IE dan Chrome menerapkan metode ini pada browsernya, akan tetapi script preload ini mereka “sembunyikan” sehingga tidak terlihat di Windows Startup Folder.

Perlu dicatat sekali lagi bahwa yang kita bicarakan adalah waktu startup dari browser, yaitu saat pertama kali browser dibuka setelah booting windows. Waktu ini lah yang cukup lama, karena Firefox memuat berbagai kontennya ke memory (RAM) baru ditampilkan ke layar atau siap digunakan. Semakin banyak bookmark, add-ons, extension, cache memory, history, saved password, cookies, dll, maka waktu buka pertama kali ini akan menjadi semakin lama. Sebagai contoh penulis sendiri, seperti ditulis di atas, memerlukan waktu hingga 10 detik untuk loading awal ini. Akan tetapi kemudian setelah mengaplikasi add-ons Preloader ini maka waktu startup Firefox hanya sekitar 1-2 detik saja, secepat IE atau Chrome.

Tentu saja, waktu membuka browser untuk kali yang kedua dan seterusnya akan cepat untuk semua browser ataupun program aplikasi apapun, karena konten dari aplikasi tersebut sebagian besar masih tersimpan pada RAM. Akan tetapi, waktu startup awal yang cukup lama tersebut bagi sebagian orang dirasa mengganggu, sehingga kadang user menjadi jengkel dan bahkan mencap kalau Firefox lambat dan kembali memakai IE yang konservatif itu. Sebenarnya cukup mengherankan juga kenapa Firefox tidak menginstalkan script preloader ini pada master installernya, padahal di jaman ini RAM komputer itu tentu sudah bergiga-giga byte (karena relatif murah) sehingga tambahan pemakaian RAM beberapa KB tentulah tidak mengganggu sama sekali; sementara IE dan Chrome melakukan teknik yang demikian tersebut sejak beberapa lama.

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah instal add-ons Preloader pada Firefox, dari sini!
Restart Firefox, maka pada menu Firefox> Add-ons> Extension akan nampak terinstal Preloader seperti gambar pertama di atas.

Langkah kedua adalah buat shortcut baru untuk browser Firefox, meskipun sudah ada buat saja yang baru karena kita akan memodifikasinya.
Misalkan saja buat sementara di Desktop (atau di tempat/folder lainnya juga tidak masalah). Bisa kita copy shortcut Firefox yang sudah ada dari Program Folder atau dari taskbar atau dari mana saja, atau kita buat yang baru dengan membuka folder C:> Program Files> Mozilla Firefox> firefox(.exe). Klik kanan pada file firefox.exe (Application) tersebut dan pilih Send to Desktop (create shortcut). Maka di desktop akan ada shortcut baru untuk Firefox. Rename, atau namai ulang shortcut tersebut dengan nama lain apa saja, misalnya FirefoxPreloader. Kemudian klik kanan shortcut tersebut dan plih Properties.

Edit Target dari Shortcut baru tersebut

Edit Target dari shortcut tersebut, dengan menambahkan script “-preloader” (tanpa tanda kutip) seperti nampak pada gambar di atas.

Jadi awalnya Target adalah
“C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe”
akan menjadi
“C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe” -preloader
(tambahkan spasi sebelum -preloader)

Selesai?

BELUM!

Shortcut tersebut TIDAK BISA dipakai untuk membuka Firefox. Memang bukan itu gunanya.
Langkah selanjutnya adalah PINDAHKAN shortcut yang sudah dimodifikasi tersebut ke folder Startup-nya Windows. Bisa kita drag and drop menggunakan mouse ke Start Menu> All Programs> Startup.

Bila oleh satu dan lain hal folder Startup tidak kelihatan di All Programs, maka pindahkan shortcut tersebut secara manual ke folder berikut ini: (Pastikan sebelumnya View Hidden Files)

C:>User> [NAMA_ANDA]> App Data> Roaming> Microsoft> Windows> Start Menu> Programs> Startup

SELESAI!

Sekarang restart komputer, dan bedakan rasanya, rasakan bedanya….!

:)

Semoga bermanfaat!
Tips lain untuk mengoptimalkan Firefox, baca di sini!
About these ads