Setelah memakai Windows 7 beberapa lama, sebagian dari kita mungkin tidak terlalu menyukai fitur docking atau mode Pin to Taskbar sebagaimana fitur standar yang diberikan oleh Windows 7.

Standard Taskbar Windows 7

Sebagian dari kita (termasuk penulis) merindukan dan menginginkan kembali fitur normal taskbar termasuk fitur Quick Launch seperti yang diberikan Windows XP.

Butuh yang seperti ini?

Memang, secara teknis ada beberapa kerugian yang timbul dari fitur baru windows 7 tersebut disamping keuntungannya. Kerugian tersebut antara lain adalah kita harus mengarahkan mouse atau klik ke dock item tersebut untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Sementara dengan taskbar normal kita bisa melihat langsung dalam sekejap aplikasi yang sedang berjalan  termasuk kadang file yang sedang dibuka pada aplikasi tersebut. Kerugian kedua, dari survei ke banyak pemakai ternyata dengan sistem dock tersebut banyak pemakai yang tidak “aware” terhadap aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, karena tidak kentaranya beda antara shortcut yang sekedar dipin di taskbar tetapi tidak aktif dengan yang aktif dan sedang menjalankan aplikasi. Kerugaian ketiga yang sering ditemui adalah pengelompokan semua file yang dibuka ke dalam group aplikasi, sehingga jika kita membuka 3 file MS Word misalnya, maka kita harus mellihat ke ikon MS Word di taskbar dan memilih page mana dari ketiganya yang ingin kita buka. Ini kurang efisien. Sementara dengan meetode tanpa grouping, kita bisa melihat langsung ketiga takbar MS Word tersebut dan langsung mengklik halaman yang kita perlukan.

Kalau untuk sekedar meng-ungroup taskbar mudah saja dilakukan. Klik kanan di taskbar yang kosong, kemudian pilih properties.

Cara mengungroup taskbar

Check pilihan Use small ikon untuk memperkecil ukuran taskbar seperti pada windows XP (lingkaran biru) dan pilih Never Combine untuk taskbar button (lingkaran merah) supaya taskbar berdiri sendiri-sendiri dan cepat terbaca.

Maka hasilnya kurang lebih akan seperti ini :

Ungrouped Taskbar

Kita bisa menghilangkan item-item yang dipin di taskbar (atau semua item) dengan mengklik kanan ikon tersebut dan pilih Unpin this program from taskbar.

Nah, bahasan kemudian setelah taskbar kita mirip Windows XP adalah bagaimana membuat atau menghadirkan kembali fitur Quick Launch seperti pada windows XP.

Kalau kita bolak-balik harus kembali ke desktop atau ke start menu untuk membuka aplikasi yang sering kita gunakan, itu adalah hal yang tidak efisien sekaligus “melelahkan”. Itulah sebenarnya fitur Quick Launch itu diperlukan (lingkaran kuning), yaitu untuk membuka aplikasi yang sering atau berulang-ulang kita gunakan hanya dengan klik mouse saja. Penulis sendiri hanya menaruh tiga aplikasi di Quick Launch yang sering digunakan berulang-ulang yaitu Windows Explorer, Show Desktop (meskipun ada juga di pojok kanan bawah pada windows 7), serta Internet Browser, dalam hal ini Mozilla Firefox. Kita tentu bebas menambah atau mengurangi aplikasi ke dalam quick launch, akan tetapi jika shortcut di quick launch menjadi terlalu banyak, maka hal tersebut sebenarnya sudah menafikan tujuan dasar dari fitur ini sendiri yaitu efisiensi dan simplisitas.

Cara membuat Quick Launch di Windows 7 tidak sesederhana pada Windows XP dimana tinggal klik kanan di Taskbar>Toolbar>Quick Launch.

Di Windows 7 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Klik kanan di area taskbar yang kosong, kemudian pilih Toolbar>New Toolbar (kotak merah):

Klik kanan di area kosong pada taskbar

Kemudian akan terbuka kotak dialog seperti ini:

Folder New Toolbar

Dalam baris folder yang hendak dipilih (kotak merah), ketikkan ini:

%userprofile%\AppData\Roaming\Microsoft\Internet Explorer\Quick Launch

Maka akan muncul Quick Launch baru di sebelah kanan, gambarnya kurang lebih menjadi sbb:

Hasil Quick Launch mula-mula

Quick Launch yang dihasilkan masih bertuliskan “Quick Launch” dan masing-masing shortcutnya juga masih ada labelnya. Sementara maksud kita adalah tidak perlu ada tulisannya, dan kemudian letaknya haruslah di sebelah kiri.

Maka langkah selanjutnya adalah menghilangkan text pada quick launch tersebut dengan cara seperti ini:

Set Quick Launch tanpa Teks

Caranya, pertama pastikan taskbar tidak dilock, klik kanan area kosong di taskbar, kemudian hilangkan tanda check pada Lock the taskbar.

Kemudian pada handle quick launch (area ber titik-titik untuk menggeser Quick Launch, klik kanan di area tersebut dan hilangkan tanda check pada Show text dan Show title seperti pada gambar di atas. Sedangkan pada menu View-nya pilih saja yang Small icon seperti pada gambar di atas.

Untuk meletakkan Quick Lanch di sebelah kiri seperti pada Windows XP maka langkah selanjutnya adalah:

Menukar posisi Quick Launch dengan Taskbar

“Pegang” handle taskbar  (klik dan tahan handle bertanda titik-titik di sebelah kiri), kemudian drag atau geser hingga menjadi atau di sebelah kanan Quick Launch yang baru saja dibuat.

Maka Quick Launch akan berada di sebelah kiri taskbar. Sempitkan area Quick Launch menjadi seperlunya saja dengan menggeser batas kanannya ke arah kiri. Setelah selesai, kita bisa lock kembali taskbar kita, supaya tidak berubah ubah posisinya. Dan kemudian kita bisa meng-unpin semua program di taskbar, sehingga taskbar kita bersih dari pinned taskbar.

Hasil akhirnya kurang lebih akan menjadi seperti gambar sebelumnya:

Hasil Akhir Quick Launch di Windows 7

Ok, mudah bukan? Silakan dicoba, dan semoga bermanfaat untuk membuat windows yang kita pakai menjadi semakin efektif dan efisien.

NB:

Setelah menyusun taskbar menjadi rapi seperti gambar tersebut di atas, dalam arti tidak ada grouping dalam taskbar serta tidak ada program yang di-pin di taskbar, ada baiknya juga kita melengkapinya dengan mematikan fitur pin to taskbar, supaya tidak ada context menu pada shortcut program untuk dapat dipin di taskbar. Caranya adalah dengan mengatur local computer policy, salah satu caranya ketikkan gpedit.msc dalam kotak dialog Run command, atau dalam search box di Windows start.

Disable pinning program to taskbar

Atur menu “Do not allow pinning program to Taskbar” menjadi Enabled, caranya klik dua kali menu tersebut dan pilih enabled. Kita juga bisa mengatur berbagai hal lainnya di sini sesuai selera kita, hanya saja pastikan bahwa kita benar-benar mengerti item yang kita ubah, jangan sampai nanti kita menjadi bingung sendiri kenapa fitur ini atau itu berubah atau berhenti berfungsi. (Perhatikan juga bahwa banyak fitur di group policy editor ini tidak berlaku di windows 7 tetapi hanya berlaku di Windows versi sebelumnya, entah kenapa disertakan ke dalam windows 7, sepertinya Microsoft mengcopy saja gpedit ini dari Windows Vista)

Selanjutnya bagi kita yang ingin juga mematikan fitur Live Preview dari taskbar kita, supaya berfungsi “normal” seperti pada Windows XP silakan baca artikelnya di sini.

NB:

Baca juga artikel tentang arisan berantai, dan dapatkan penghasilan dari berinternet!