17 Januari 2011

Setelah sebelumnya penulis memberikan tips tentang bagaimana membuat Quick Launch di Windows 7, maka tips kali ini adalah mengenai menghilangkan fitur Live Preview di Windows 7. Live Preview adalah fitur di mana ketika kita meletakkan cursor mouse kita ke area taskbar, maka akan muncul otomatis windows kecil sebagai pratinjau dari windows yang aktif di taskbar tersebut. Kurang lebih gambarnya adalah sebagai berikut:

Live Preview standard Windows 7

Memang fitur ini termasuk “canggih” dan diperkenalkan sejak Windows Vista yang lalu. Meskipun canggih, tidak semua user menyukai fitur ini, seperti penulis misalnya,yang merasa fitur ini lebih banyak mengganggu daripada membantu. Alasannya adalah sementara user sudah tahu dan yakin pasti dengan apa yang akan dan telah dibukanya, tidak perlu live preview, disamping alasan bahwa secara sengaja ataupun tidak sengaja, sering cursor mouse kita akan melewati area taskbar dan muncullah live preview ini sehingga malah menutupi sebagian area kerja atau window yang sedang aktif, sementara “hilangnya” kemunculan ini pun tidak cepat, sehingga dirasakan betul-betul mengganggu. Bila ingin tahu berapa banyak orang yang ingin supaya fitur ini dimatikan, kita bisa google “disable live preview windows 7” dan lihat hasil yang ditawarkan dan solusi yang diajukan tidak memuaskan bahkan yang dari situsnya technet punya microsoft sendiri.

Ketika di Windows Vista fitur ini secara sederhana bisa dimatikan lewat edit registry maupun edit group policy. Tidak demikian halnya di Windows 7, berbagai tips dan langkah langkah yang ditawarkan kebanyakan hanya copy-paste dari berbagai situs dan tidak diuji dulu, dan ternyata tidak berhasil seperti yang ditulis.

Solusi yang ditawarkan kebanyakan situs termasuk CHIP Indonesia adalah dengan mengedit registry seperti berikut ini yaitu membuat NewDWord value DisablePrevieWindow di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced dan memberi nilai 1 :

Membuat New DWord
Cara yang tidak berhasil!

Coba saja kalau berhasil! Dari pengamatan penulis, ini adalah cara yang tidak akan berhasil di Windows 7, solusi yang telah lama ditawarkan di berbagai situs.

Solusi kedua yang ditawarkan adalah dengan menambah delay atau jeda waktu antara hover time dengan munculnya live preview, misalnya dari standar 400ms diubah menjadi 10 dt atau 10.000 ms misalnya.

Menambah jeda waktu Live Preview (not work)

Cara ini cukup efektif memang untuk mengurangi waktu munculnya live preview sehingga user tidak terlalu terganggu dengan munculnya live preview ketika mouse lewat di taskbar. Entah kenapa, cara ini juga tidak berhasil di komputer penulis dengan sistem operasi Windows 7 Ultimate X86. Live preview tetap muncul seperti biasa meskipun sudah mengubah valuenya menjadi desimal 1000 atau 2000 (ms). Jika cara ini berhasil di komputer Anda, bagus! Coba cek juga pengaruhnya ke berbagai program selain di taskbar. Penulis khawatir bahwa cara ini juga akan berpengaruh pada lama waktu munculnya tooltip pada program-program lain.

Setelah berkutat dengan kedua cara tersebut di atas dan tidak berhasil, maka penulis menemukan dan menawarkan cara yang sudah terbukti berhasil pada komputer penulis. Caranya adalah menggunakan aplikasi super mini yang tidak berbayar bernama “7 Taskbar Tweaker”.

Beri tanda check pada Disable thumbnail preview

Aplikasi ini sangat kecil, hanya sekitar 150KB setelah diekstrak, dan dapat dipergunakan untuk mengatur hal-hal lain berhubungan dengan taskbar seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Sebaiknya ekstrak file 7 Taskbar Tweaker.exe ke dalam folder C:\Program Files\ (atau di manapun terserah Anda) dan jangan lupa untuk mengatur setting pada program ini supaya berjalan otomatis ketika komputer dihidupkan, dan kalau tidak sangat perlu sebaiknya juga hilangkan icon di system tray, karena sekali diset kemungkinan kita mengubah-ubahnya juga jarang.

Atur juga setingnya!

Aplikasi ini bekerja dengan memodifikasi file dll window explorer, dan jika antivirus Anda mendeteksi sebagai virus maka dapat dipastikan bahwa itu false positive. Penulis memakai AVAST Internet Security dan tidak dideteksi adanya virus.

Menurut pengamatan penulis, hasil dari software ini sangat memuaskan, termasuk fitur right-click dan yang lainnya.

Hasil akhir “Disable Live Preview”

File 7 Taskbar Tweaker untuk Windows 7 versi 32 bit dapat didownlad di sini.

Sedangakan untuk Windows 7 versi 64 bit silakan download filenya di sini.

NB:

Baca juga artikel tentang arisan berantai, dan dapatkan penghasilan dengan berinternet!