7 Februari 2011

Kali ini penulis ingin membagikan sedikit pengalaman tentang wireless mouse yang ketika bergerak  malah membangunkan kembali komputer yang sedang standby atau sleep; suatu hal yang mengganggu dan tidak diharapkan.

Genius-Micro-Traveler-900S

Dulu ketika menggunakan mouse berkabel hal ini tidak terjadi, gerakan mouse hanya mengembalikan komputer dari posisi screen saver maupun blank screen setelah periode waktu yang ditentukan, bukan membangunkan komputer dari posisi standby (sleep). Posisi standby adalah posisi setengah mati, di mana kondisi terakhir komputer kita disimpan pada RAM dan sumber daya tetap mendayai RAM tersebut, sehingga ketika tombol power dihidupkan komputer akan segera hidup kembali tanpa proses booting lagi akan tetapi langsung hidup dan siap pakai karena hanya membaca kondisi terakhir yang telah disimpan di RAM.

Semestinya memang kondisi standby ini hanya “boleh” hidup kembali ketika kita sebagai user menekan kembali tombol power sebagai langkah menghidupkan kembali komputer kita yang sedang setengah mati tersebut. Posisi standby dapat dilakukan manual melalui menu start kemudian pilih sleep pada sub menu shut down, ataupun diset otomatis melalui power management supaya ketika komputer tidak aktif selama 15 menit misalnya, maka komputer diatur untuk masuk posisi sleep, demi menghemat energi dan juga menghemat lifetime berbagai komponen komputer kita (terutama monitor, yang akan cepat menjadi redup setelah pemakaian intensif selama 2-3 tahun). Pada notebook hampir selalu ada tombol shortcut untuk menidurkan komputer kita ini, biasanya merupakan kombinasi tombol Fn digabung dengan tombol Fungsi di bagian atas keyboard, sebagai contoh, penulis memakai notebook merk Toshiba, maka kombinasi tombol untuk menidurkan komputer ini adalah Fn+F3. Fungsi standby ini sering kita gunakan dalam keadaan misalnya saja kita akan meninggalkan komputer kita untuk makan siang atau makan malam, disamping supaya komputer kita aman dari pemakai yang tidak sah, terutama juga untuk menghemat energi dan juga lifetime komponen komputer kita. Instalasi windows yang berpassword akan meminta password untuk kembali login ketika bangund dari sleep (standby).

Penglaman terakhir penulis ketika mengganti mouse kabel menjadi mouse wireless, dalam hal ini merk Genius, maka penulis mengalami kejadian tersebut di atas, yaitu pada posisi standby kemudian komputer akan terbangun kembali oleh gerakan mouse wireless ini. Ini keadaan yang tidak diinginkan sekaligus mengganggu. Apa gunanya sleep kalau sedikit gerakan mouse saja sudah membangunkan kembali komputer kita? Fungsi penghematan energi tidak jadi berjalan, hanya karena gerakan yang tidak kita sengaja, misalnya saja meja yang sedikit bergerak karena tersenggol badan kita, sehingga mouse juga tergoyang, dan kemudian komputer kita terbangun dari standby.

Penulis juga memiliki mouse wireless lain merk Prolink, akan tetapi gejala ini tidak muncul pada mouse wireless merk tersebut. Jadi, penulis tidak bisa menyebutkan satu per satu jenis atau merk mouse yang mengakibatkan gejala ini, silakan cek sendiri mouse yang Anda gunakan.

Setelah sering menelusuri sendiri seluk beluk Windows 7 Ultimate x86 yang dipakai, akhirnya penulis menemukan menu untuk mengobati gejala ini. Ini mungkin hal sederhana saja bagi anda yang sudah mengerti, akan tetapi mungkin artikel ini lebih ditujukan buat pengguna yang belum mengerti bagaimana menyembuhkan gejala mouse hyperaktif ini.

Anda tidak akan menemukan caranya di Control Panel bagian Mouse. Letaknya adalah di Device Manager ataupun di menu Devices and Printers. Caranya adalah sebagai berikut:

Buka menu Device Manager anda (bisa dari Control Panel), atau juga bisa melalui Devices and Printers dari Start Menu:

Devices and Printers

Klik kanan di bagian Wireless Mouse dan pilih Properties:

Wireless Mouse Properties

Muncul Mouse Properties, pilih tab Hardware (1), kemudian klik tombol Properties (2):

Wireless Mouse Hardware Properties

Buka tab Power Management, hilangkan tanda check pada “Allow this device to wake the computer”:

Mouse Power Management

Klik OK seterusnya, dan selesai. Sekarang gejala mouse membangunkan komputer dari sleep tidak akan terjadi lagi, silakan dicoba!

Semoga bermanfaat!

NB:

Baca juga artikel tentang arisan berantai, dan dapatkan penghasilan dengan berinternet!