Tips ringan Windows 7: Menaruh Folder “Recycle Bin” di “Windows Explorer” Windows 7

Beberapa dari kita  cukup direpotkan dengan tidak adanya folder Recycle Bin di Windows Explorer (File Explorer) Windows 7.  Folder ini ada ketika dulu kita memakai Windows XP, sementara di windows 7 “menghilang”. Kita sering direpotkan kalau harus bolak-balik ke desktop untuk membuka Recycle Bin ini; lebih praktis jika langsung ada di explorer seperti dulu di Windows XP.

Contoh kasusnya begini: secara keliru kita menghapus suatu file atau folder, dan kita ingin mengembalikannya. Cukup repot jika kita harus bolak-balik “show desktop” dulu, membuka Recycle Bin, baru kemudian me”restore” file yang terdelete tersebut.

Setidaknya ada 2 cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk “menaruh” folder Recycle Bin tersebut langsung di Windows Explorer kita:

1. Kita bisa mengaktifkan menu “Show all folder”, caranya klik kanan di area kosong pane sebelah kiri Windows Explorer kita, dan pilih “Show all folders”

Klik kanan di area kosong, pilih “Show all folders”

Tetapi cara ini tidak sepenuhnya menyenangkan, karena nanti di pane sebelah kiri akan ditampilkan semua folder yang kemungkinan malah mengganggu, karena banyak item itu jarang atau tidak pernah kita akses, atau kita tidak ingin mengaksesnya dari situ. Hasilnya sebagai berikut:

Hasil “Show all folders”

2. Cara kedua lebih simpel dan menyenangkan, adalah dengan men-drag-and-drop icon Recycle Bin di desktop ke folder Favorit! Buka Windows Explorer, jangan dimaximize supaya terlihat jendela Windows Explorer maupun Desktopnya, (tekan tombol Restore Down bila maximized, tombol di sebelah tombol close kanan atas); kemudian klik dan tahan icon Recycle Bin di desktop dan geser ke folder Favorit di Windows Explorer; foila, selesai!

Drag and drop Recycle Bin to Favorit

Hasilnya: Simpel dan sangat membantu!

Hasil “Recycle Bin” di “Favorit”

Ok, semoga bermanfaat, dan jangan lupa, beri masukan atau komentar tentang artikel ini.

NB:

STOP PRESS: Untuk cara baru meletakkan folder Recycle Bin pada Windows Explorer, harap baca juga tulisan terbaru tentang hal ini.

Baca juga artikel tentang arisan berantai, dan dapatkan penghasilan dari berinternet!