Start Menu model Windows XP di Windows 7

Bagi kita yang terbiasa memakai Windows XP kemudian pindah ke Windows 7 maka hal pertama yang sering membuat tidak nyaman adalah sistem Start Menu baru pada Windows 7 yang menurut pengamatan penulis memang sedikit kurang efisien dibandingkan versi Windows XP. Kurang efisien dalam arti banyaknya jumlah “klik” bahkan “scroll” untuk sampai ke menu yang diinginkan. Sedangkan kelebihan sistem Start Menu pada Windows 7 adalah kotak “search” di bawah All Programs yang memudahkan user untuk mencari program atau service atau file yang dimaksud dengan sedikit kata kunci saja. Nah, sekarang ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang program kecil untuk kembali ke Start Menu model sebelumnya, baik model Classic, maupun model Windows XP, sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari kedua versi windows, XP maupun 7.

Classic Shell pic1

Classic Start Menu menggunakan Classic Shell pada Windows 7

Untuk lebih jelas lagi, silakan lihat bambar kedua di bagian bawah. Gambar di atas adalah hasil menggunakan Classic Shell pada Windows 7 Ultimate x86; hasil di atas merupakan gabungan pengaturan dari clasic shell dengan tweaking-tweaking lainnya seperti Quick Launch di Windows 7, Disable taskbar Preview Windows 7, always ungroup taskbar, disable pinning item to taskbar, dll. Classic Start Menu tersebut di atas juga sudah merupakan hasil dari berbagai pengaturan internal pada program Classic Shell tersebut, sebab memang software tersebut menawarkan berbagai pengaturan yang sangat detail supaya bisa kita atur sesuai keinginan kita.

Memang kita bisa memakai personalisasi Windows Basic untuk mendapatkan start menu clasic di Windows 7, akan tetapi mengubah tema Windows 7 ke basic jelas mengurangi banyak kenyamanan dan menimbulkan kerugian karena berbagai fitur akan ikut dimatikan seperti aero, transparency, wallpaper, dll. Lagi pula mode windows basic hanya menampilkan Start Menu model Windows 98, tidak bisa menampilkan model XP layaknya contoh gambar di atas.

Classic Shell pic2

Bisa diatur seperti tampilan Start Menu Windows XP, bahkan lebih bisa dikustomasi

Dari pengalaman penulis, pada saat tulisan ini dibuat, Classic Shell ini sudah sampai pengembangan yang bisa dikatakan sempurna (versi 3.2.0). Memang mungkin kita pernah menginstal versi-versi sebelumnya dan kita meng-uninstal lagi karena berbagai bugs. Tetapi di versi terakhir ini penulis bisa mengatakan bahwa release ini sudah sangat baik, kalau tidak boleh dikatakan sempurna. Hampir semua bagian tampilan dan sub tampilan terdapat menu pengaturannya, mulai mode Vista Aero, mode Windows XP, Mode Classic, dll; bahkan setiap item dan penempatannya dalam Start Menu tersebut bisa diatur.

Classic Shell settings

Hampir semua bagiannya bisa diatur, tampilan maupun cara kerjanya.

Sebenarnya, software Classic Shell ini terdiri dari 3 sub software, yaitu software untuk memodifikasi Windows Explorer, Microsoft Internet Explorer 9, dan Start Menu. Kita bisa memilih bagian mana yang kita perlukan ketika proses instalasi, atau juga bisa kita  install semua komponen tersebut, software ini full free.

Dari catatan penulis, program ini “memakan” memeory hanya 532 kb, dan bisa di-uninstal tanpa meninggalkan sampah registry menurut analisa Revo Uninstaller Pro.

Software gratis Classic shell ini bisa Anda download DI SINI.

🙂