Setelah sebelumnyamenulis tentang cara meletakkan folder Recycle Bin di Windows Explorer, maka kali ini penulis akan menyuguhkan cara baru yang lebih canggih dengan bantuan software kecil. Software ini nantinya akan mengatur konten apa saja yang akan kita tampilkan di Navigation Pane pada Windows Explorer kita. Navigation Pane adalah kolom sebelah kiri yang biasa menunjukakan daftar drive dan folder.

Sebagai contoh hasilnya akan nampak seperti ini:

Hasil modifikasi Navigation Pane Windows Explorer

Sebagaimana tulisan terdahulu, adalah sangat sering kita memerlukan akses ke folder Recycle Bin ini, dan sangat merepotkan bila harus bolak-balik ke desktop untuk bisa mengaksesnya. Menempatkan folder Recycle Bin di Windows explorer adalah langkah yang bijaksana, tetapi dilupakan oleh Windows 7

Untuk mengatur isi Navigation Pane tersebut kita menggunakan software kecil Windows 7 Navigation Pane Customizer.

Win 7 Navigation Pane Customizer

Seperti terlihat di atas, adalah contoh pengaturan berbagai komponen yang akan atau tidak akan kita tampilkan pada Navigation Pane Windows Explorer kita. Sebagai contoh pengaturan tersebut maka hasilnya adalah seperti pada gambar pertama di atas. Jadi software kecil ini juga berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan komponen lain, bukan hanya Recycle Bin.

Software ini gratis dan tidak perlu diinstal, hanya perlu dijalankan untuk mengubah konfigurasi salah satufile DLL pada Windos System.

File Windows 7 Navigation Pane Customizer tersebut dapat Anda download secara gratis di sini.

Semoga bermanfaat!

🙂