September 2011

Bookmark pada browser akan membantu kita mengunjungi berbagai situs favorit kita, tanpa perlu mengingat alamatnya. Ketika kita mengunjungi situs yang menarik, kita simpan saja ke dalam bookmark, sehingga kita bisa kembali lagi ke halaman tersebut di lain waktu dengan lebih cepat. Setelah sebelumnya penulis berbagi tentang mengoptimalkan browser firefox, kali ini penulis ingin berbagi tentang tips tentang membuat bookmarks pada mozilla firefox ala tampilan desktop Windows 8 yang sudah banyak previewnya di berbagai situs.

Mozilla Start Page model Windows 8

Mozilla Start Page model Windows 8

Gambar di atas adalah hasil edit homepage Mozilla Firefox 6.0.1, Windows 7 Ultimate x32 pada komputer penulis, dengan bookmark-bookmark pilihan penulis. Pada prinsipnya pengubahan di atas tidak menggunakan software apapun, melainkan mengubah homepage dari browser kita ke folder tertentu pada komputer kita. Jadi kita “membuat/dibuatkan” website kecil di komputer kita dan mengatur Firefox untuk me“load” halaman tersebut setiap kali Firefox dibuka maupun ketika Tab baru dibuka. Tampilannya tampak keren dan canggih, terdiri dari 3 halaman yang bisa kita geser ke kanan dan ke kiri menggunakan mouse klik, panah kanan-kiri, atau yang lebih mudah dengan menggunakan scroll pada mouse kita. Satu scroll-click pada mouse kita ke atas atau ke bawah sudah akan menggeser bookmark tersebut ke kiri atau ke kanan satu halaman.

Dengan memakai bookmark model thumbnail seperti ini mengingatkan kita pada browser Opera, perbedaannya adalah di sini tampilannya lebih keren, dan bisa digeser ke kiri atau ke kanan layaknya desktop Windows 8. Bila kita menggunakan laptop dengan touchpad berfitur multi touch, pasti pengalamannya akan lebih mengesankan.

Untuk membuat tampilan bookmark seperti tersebut di atas, silakan download file zip ini. Kemudian ekstrak file tersebut di mana saja di komputer, kemudian atur browser mozilla firefox kita untuk me”load” index.htm dari folder tersebut sebagai homepage. Buka menu Firefox>Options>General tab:

firefox start page option

Atur Homepage dan Startpage Firefox

Sebagai contoh di atas, penulis me-rename dan meletakkan folder homepage di C:\Program Files\Mozilla Firefox Start Page\index.htm. Anda tentu saja bebas meletakkan folder tersebut di lain tempat. Di dalam folder tersebut selain terdapat file index.htm, juga dua file penting lainnya yaitu config.htm dan source.js. Kita bisa mengatur berbagai hal dari halaman bookmark tersebut dengan menggunakan config.htm. Bila selesai melakukan konfigurasi, copy-paste text hasil konfigurasi tersebut ke file source.js, menimpa isi yang lama.

Kita juga bisa mengedit manual file source.js tersebut dengan menggunakan notepad, yaitu untuk mengatur shortcut atau URL dari bookmark tertentu, dan link gambarnya. Kita bisa mengubah gambar dari setiap bookmark tersebut dengan cara mengedit atau mengganti gambar-gambar berformat png di sub folder “thumbs” pada homepage tersebut. Jadi, contoh gambar di atas adalah sudah merupakan hasil editan penulis pada file source.js dan berbagai gambar pada folder “thumbs” untuk menyesuaikan dengan bookmark-bookmark yang disimpan dan dipilih penulis untuk ditampilkan. Kita bisa mengedit berbagai gambar untuk shortcut tersebut, atau menggantinya, sesuai dengan logo halaman yang dituju biasanya. Dalam hal ini penulis menggunakan program Photoshop untuk melakukan hal tersebut. Memang sedikit membutuhkan kesabaran, akan tetapi hasilnya akan memuaskan. Bila kita tidak mengganti gambar dari blok tertentu dan mengosongkannya (dalam konfigurasi), maka yang akan ditampilkan adalah judul dari bookmark tersebut (yang kita isikan di konfigurasi) berdampingan dengan gambar globe.

Dengan menggunakan bookmark model webpage tersebut ada satu keuntungan bagi penulis yaitu penulis tidak perlu menampilkan Bookmark Toolbar pada Toolbar Firefox, sehingga jendela browser bisa lebih luas untuk menampilkan halaman web yang sedang dibaca.

Bagaimana agar pada setiap Tab baru yang dibuka juga menampilkan homepage ini?

Default Firefox tidak mempunyai opsi ini. New Tab di firefox selalu blank page, sehingga merepotkan kita untuk melihat berbagi bookmark yag sudah kita buat tadi jika harus selalu membuka jendela baru. Tidak usah berkecil hati, tambahkan add-ons kecil (50KB) untuk firefox bernama NewTabURL, bisa Anda download dan instal dari sini.

Restart Firefox, dan masuk ke menu Firefox>Add-ons untuk mengatur tampilan New Tab kita:

NewTabURL_options

Pengaturan add-ons NewTabURL

Untuk tanda panah no.5 uncheck pilihan tersebut jika defaultnya ter-check. Oke, dengan begitu setiap kita membuka tab baru di firefox, maka akan membuka homepage, sama seperti membuka jendela baru. Dengan demikian kita tidak memerlukan Bookmark Toolbar lagi, tetapi tanpa kesulitan melihat semua bookmark favorit kita.

Catatan:

  • Untuk kembali ke halaman awal tanpa membuka tab baru atau jendela baru, klik tombol “Home” di browser (tombol gambar rumah, letaknya bisa di atur di toolbar).
  • Dengan bookmark seperti ini kita bisa menampilkan hingga 12 bookmark favorit di satu halaman, belum termasuk kotak search Google (bisa diedit juga default searh engine yang kita sukai) yang ada di setiap halaman.
  • Ukuran gambar yang bisa ditampilkan pada setiap blok, dapat dilihat pada gambar sketch.jpg.
  • Kita juga bisa bereksperimen mengganti warna latar dan warna background dari halaman awal tersebut, hanya dengan mengganti atau mengedit beberapa file dengan Photoshop, atau program pengolah gambar lainnya.
  • Pada prinsipnya halaman awal seperti ini bisa digunakan untuk berbagai macam browser, bukan firefox saja, akan tetapi berbagai pengaturan untuk browser lain tidak dijelaskan di sini, silakan bereksperimen sendiri untuk menggunakannya pada browser lainnya.

Demikian tips kali ini, selamat bereksperimen.

Dengan berbagai add-ons dan start page seperti tersebut di atas, mungkin saja startup Firefox menjadi lebih lambat. Untuk mempercepat waktu startup firefox baca artikelnya di sini!

Baca juga artikel tentang Memperbesar huruf di Firefox!

Mengapa tidak memilih Google Chrome, baca di sini!

🙂