Ada kalanya kita butuh untuk menghilangkan (bukan sekedar mengubah) asosiasi suatu ekstensi file tertentu di Windows 7. Contohnya begini: misal suatu file mempunyai ekstensi .docx, maka di Windows 7 file tersebut akan “otomatis” terasosiasi dengan program MS Word 2007 atau MS Word 2010. Contoh yang lain, di komputer windows, penulis memiliki beberapa jenis file yang aslinya adalah untuk komputer Mac, salah satunya adalah file dengan ekstensi .dmg. Di komputer windows milik penulis, file jenis ini langsung terasosiasi dengan program PowerIso, sehingga penulis keliru mem”burn” file itu ke DVD karena menyangkanya sebuah file .iso yang harus diburn dulu untuk dapat dipakai.

unassoc.exe

Unassociate File Type di Windows 7

Meskipun di aplikasi PowerIso sudah dihilangkan asosiasi terhadap file tersebut, tetapi di Windows Explorer masih saja file .dmg tersebut diasosiasikan ke program PowerIso.

Menghilangkan asosiasi file di Windows 7 tidak semudah yang bisa dilakukan di Windows XP, dimana di Windows XP kita bisa menghapus suatu asosiasi file lewat Control Panel, dan ketika asosiasi  file itu dihapus maka file type itu tidak aka terasosiasi ke aplikasi apapun. Di Control Panel Windows 7 (“Default Program”) hanya tersedia opsi untuk mengubah asosiasi terhadap file tersebut, tidak ada opsiuntuk menghilangkannya. Kalau hanya ingin mengubah asosiasi file bisa dilakukan dari menu klik-kanan “Open with…” kemudian pilih “Choose default program”, lalu pilih aplikasi yang akan digunakan (bisa gunakan “Browse” jika program yang diinginkan belum muncul dalam daftar pilihan), dan chek pilihan “Always use the selected program to open this kind of file”.

Namun sekali lagi, ada waktu di mana kita ingin menghilangkan asosiasi suatu ekstensi file terhadap aplikasi atau program tertentu, bukan sekedar mengubahnya. Seperti contoh di atas, penulis ingin supaya file .dmg dikenali  Windows Explorer sebagai “DMG File”, bukan “PowerIso File” atau “WinRAR File” atau yang lainnya.

file_association

Hasil dari menghilangkan File Association di Windows 7

 Cara yang repot tentu saja dengan mengedit registry. Untuk cara yang mudah, silakan download aplikasi kecil “unassoc.exe” yang disimpan dalam format zip (kurang lebih 50kb saja). Download dan ekstrak file zip tersebut di mana saja, dan jalankan file “unassoc.exe”. File ini bahkan tidak perlu diinstal. Tampilan dari program kecil ini adalah seperti gambar pertama di atas. Di aplikasi terswbut sudah didaftar segala macam ekstensi file yang mungkin terdapat dalam Windows 7. Tinggal pilih ekstensi yang dimaksud dan klik tombol “Remove file association” atau “Delete file type”. Refresh atau restart  Windwos Explorer Anda, dan selesai.

File unassoc.zip tersebut bisa Anda download gratis di sini.

Semoga bermanfaat!

🙂