Tampilan web di Firefox terlalu kecil?

Kali ini penulis ingin membagikan sedikit tips ringan tentang bagaimana memperbesar tulisan di browser firefox. Memang ini cukup sederhana tetapi toh masih banyak juga daftar search google yang menanyakan tentang hal ini.

Content Firefox

Mengatur ukuran huruf di firefox

Cara sederhana pertama adalah gunakan tombol “Ctrl +“, artinya tekan tombol Ctrl sambil menekan tombol tanda Plus di keyboard. Lakukan sekal, dua, atau kali tanda Plus sehingga lebar konten web bisa memenuhi bidang layar monitor kita, sehingga ukuran web yangsemakin besar dan mudah dibaca. Untuk mengecilkan tekan tombol “Ctrl -“. Untuk kembali ke ukuran standard, tekan tombol “Ctrl 0” (Control Nol)

Cara yang identik dengan cara di atas adalah tekan tombol Ctrl di keyboard sambil gerakkan scroll pada mouse ke atas atau ke bawah.

Kalau cara pertama di atas masih dirasa kurang memadai, dalam arti tampilan web sudah dibesarkan tetapi tampilan huruf masih dirasa terlalu kecil dan susah dibaca, maka kita gunakan cara lanjutan, seperti tampak pada gambar di atas; kita buka menu Firefox>Options, dan buka tab Content. Sebelum membuka menu Advanced (seperti ditunjukkan panah 2 pada gambar), kita bisa mengisikan default font dan ukurannya di kolom di sampingnya. Seperti contoh di atas penulis memilih default font adalah Segoe UI dengan ukuran 14.

Kemudian kita akan buka tombol Advanced pengaturan font tersebut maka kurang lebih akan seperti ini penampakannya:

Firefox minimum font size

Pengaturan minimum font size di Firefox

Dua bagian terpenting dari pengaturan di jendela tersebut ditunjukkan oleh tanda panah. Yang pertama adalah tentukan Minimum font size, sebagai contoh penulis mengaturnya ke angka 12. Yang kedua, supaya tampilan huruf di web tidak monoton atau satu jenis saja, pastikan pilihan “Allow pages to choose their own fonts, instead of my selection above”  dipilih atau di-check (tanda panah ke bawah).

Kita juga bisa mengatur jenis huruf yang kita pakai untuk berbagai tampilan. Sebagai contoh penulis mengganti jenis huruf monospace dari Courier New ke Inconsolata dengan ukuran 14, yang menurut penulis lebih bagus dan enak dibaca.  Jenis monospace ini biasanya digunakan untuk mengisi berbagai form atau komentar di web. Anda bisa mendownload gratis berbagai jenis font yang diperlukan bila tidak terdapat di komputer. (Butuh huruf jenis Inconsolata? Download di sini. Dobel klik file tersebut dan di windows font explorer tekan tombol Install Font)

Semoga bermanfaat!

:)

Tips-tips lain mengoptimalkan Firefox, baca artikelnya di sini.

About these ads