10 November 2011

Ketika kita membuka berbagai situs di komputer kita sendiri, biasanya di situs-situs yang kita buka tersebut langsung menampilkan plugins dari Facebook yang berupa kolom “Rekomendasi Teman” ataupun kolom komentar dimana sudah langsung menampilkan akun facebook kita sebagai identitas.

Facebook Web Plugins

Contoh Plugins Facebook di halaman kompas.com

 Hal tersebut terjadi karena sekarang ini banyak website yang bekerja sama dengan facebook dan menyertakan plugins tersebut di website mereka; sedangkan di komputer kita sendiri cookies dan login facebook tersimpan di komputer (tersimpan di web browser yang kita gunakan).
Bagaimana untuk menghentikan “pelanggaran privasi” ini?Bagi kita yang merasa terganggu oleh aktivitas plugins ini, bisa kita mulai membatasinya dengan pengaturan dari akun facebook kita.

Di Facebook, buka menu di pojok kanan atas Account Settings (Pengaturan Akun), di Tab General (Umum) (Otomatis terbuka karena tab pertama), pilih Linked Accounts (Akun-akun Tertaut) dan klik edit (sunting) di sebelah kanannya.
Kemudian uncheck semua akun yang terdaftar di situ. Gambar di bawah ini gambar yang sudah di-uncheck semua akun yang terhubung, sehingga tidak kelihatan checkbox-nya.

Facebook Linked Accounts

Hapus atau ucheck semua "Linked Accounts"

Setelah kita menghapus semua akun terkait, maka akan tampak seperti gambar di atas, dan kemudian jika kita mengunjungi berbagai situs yang bekerja sama dengan facebook, maka tidak akan terjadi auto-login, yang biasanya menampilkan aktivitas dan rekomendasi teman, dan auto-login untuk memberikan komentar.

Tetapi ternyata tidak semua situsyang bekerjasama dengan Facebook terdaftar di daftar itu. Lalu bagaimana?

Cara kedua yang bisa dilakukan terpisah ataupun sebagai pelengkap cara di atas adalah, gunakan browser Mozilla Firefox, dan tambahkan Addons Adblock Plus dan Element Hiding Helper for Adblock Plus. Hal ini sudah pernah dibahas dalam tulisan tentang Mengoptimalkan Firefox.
Cara mudah adalah gunakan Element Hiding Helper, dan blok (Ctrl+Shift+S)  konten seperti gambar pertama di atas.
Akan tetapi cara yang demikian tersebut mengharuskan kita memblok semua Facebook Plugins di banyak website, sehingga kurang efisien.
Yang ingin penulis bagikan kali ini adalah gunakan Adblock Plus, dan tambahkan filter ini (Ctrl+Shift+F, dan klik tombol Add Filter di bagian Bawah, Paste-kan filter ini):

||facebook.*$domain=~facebook.com|~127.0.0.1

Dengan cara tersebut, web browser tidak akan me-load konten Facebook tersebut dari internet.
Cara ini juga bisa diterapkan untuk memblok konten-konten lainnya yang sejenis di semua situs. Catatan: Alamat IP 127.0.0.1 adalah alamat IP komputer kita sendiri.

Selamat bereksperimen!

Advertisements