17 Maret 2013

Hallo pembaca yang budiman,

Setelah sekian lama tidak menulis sesuatu ke dalam blog ini, ijinkan penulis kembali berbagi sedikit tips ringan aplikasi adroid.

Mau tambahan fungsi seperti ini?

Mau tambahan fungsi seperti ini?

Kali ini penulis hanya ingin berbagi salah satu aplikasi android yang mungkin membantu menambah fungsi untuk mempermudah pekerjaan kita, aplikasi android “Sidebar”. Versi gratis dari aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store di tautan INI.

Untuk Anda yang menginginkan versi Pro, dapat Anda beli juga di Play Store atau bisa juga didapatkan dari tempat lain dimana Anda sendiri tentu sudah tahu caranya tanpa harus penulis jelaskan di sini.

Bagi penulis, aplikasi tersebut cukup membantu untuk mengorganisir aplikasi-aplikasi yang sering diperlukan tanpa harus masuk ke menu Aplikasi dan mencarinya. Jika home screen sudah penuh dengan berbagai shortcut yang sering kita gunakan, maka Sidebar ini merupakan jawaban dari yang Anda butuhkan. Cukup dengan mengusap dari sisi kiri layar ke arah kanan (atau dari kanan ke kiri, tergantung kita mengaturnya) maka aplikasi atau widget yang kita pasang di Sidebar ini siap digunakan.

Beberapa menu pengaturan dirasakan penulis sudah cukup untuk mengkustomasi aplikasi ini sesuai keinginan penulis (memakai versi pro), seperti lebar sidebar, warna latar belakang, transparansi, sensitivitas, menghilangkan penanda di notification bar, panjang area usap, locking sidebar, dll.

Tips tambahan, buatlah area usap adalah di kiri atas layar sampai kira kira tengah layar saja, jangan sampai terlalu ke bawah, karena dari pengalaman penulis, kalau area usapnya terlalu ke bawah akan mengakibatkan sering terinisiasinya sidebar ini, sementara maksud sebenarnya  adalah hanya menggeser homescreen.

Oh ya, layaknya notification bar di sisi atas, sidebar ini bisa ditampilkan di atas aplikasi apa saja, sehingga cukup menyenangkan. Aplikasi atau widget yang bisa dipasang juga tidak terbatas, sehingga bisa di-scroll ke atas dan ke bawah menggunakan jari. Sebagai contoh pada gambar di atas, penulis memasukkan berbagai aplikasi social-media ke dalam sidebar ini.

Demikian yang bisa penulis bagikan saat ini, semoga bermanfaat.