Juni 2014

Wow, terlalu bombastis nampaknya judul tulisan ini, benar begitu?

———–

Karena berbagai situs menuliskan judul yang senada dalam situs mereka masing-masing, maka kali ini penulis juga tertarik untuk membagikan 10 (plus) aplikasi Android yang menurut penulis, sekali lagi menurut penulis, paling bermanfaat untuk diinstal di HP atau gadget android kita yang bukan game atau permainan.

GPS - Sygic

GPS – Sygic

Langsung saja, berikut beberapa aplikasi produktivitas yang penulis anggap penting, yang semoga bermanfaat juga bagi pembaca:

[Di sini penulis tidak akan membawa pembaca untuk mendownload aplikasi secara ilegal. Untuk aplikasi yang gratis bisa langsung didownload dari playstore, sedangkan yang versi berbayar penulis sarankan untuk membeli aplikasi tersebut di playstore juga.]

1. Sygic GPS Navigation

Ini aplikasi cukup berat dari segi volume, tetapi yang menurut penulis paling krusial diperlukan meskipun tidak setiap saat, terutama saat berada di luar kota atau mau pergi ke luar kota. Download peta Indonesia sekitar 140 MB, di samping resources lainnya hingga total sampai 400 an MB, belum lagi kalau kita menginstal peta negara-negara lain, bisa ber giga-giga byte.
Menurut penulis sangatlah rugi jika kita membeli HP Android yang cukup mahal tetapi tidak kita gunakan untuk keperluan ini. Di samping sygic, ada juga aplikasi GPS bagus lainnya seperti Navitel yang peta-nya akan sangat update karena dibuat oleh komunitas GPS di indonesia di navigasi dot net. Sedangkan peta untuk sygic ini hanya diupdate sekitar 3-4 kali dalam setahun. Akan tetapi dari segi penggunaan bisa dikatakan SYGIC inilah yang paling “fluid” alias paling baik. Di playstore aplikasi ini tersedia trial gratis untuk 7 hari, tetapi kalau Anda membelinya penulis yakinkan bahwa Anda tidak akan menyesal. Saat tulisan ini dibuat versi sygic adalah 14.3.1.
Oh ya, sebagai tambahan dari pengalaman penulis, gadget dengan chipset mediatek akan sangat sulit terhubung ke GPS, bahkan sering gagal, semahal apapun HP Anda. Sedangkan HP dengan chipset Qualcomm biasanya mudah untuk terhubung, apalagi seri tinggi.

Link PlayStore DI SINI.

2. CamScanner

Aplikasi ini adalah untuk membuat dokumen berformat JPG atau PDF dari dokumen yang kita foto.

CamScanner

CamScanner

Aplikasi ini sangat berguna di tempat kerja, tidak perlu repot menggunakan scanner bila butuh softcopy dokumen sebagai lampiran email atau kirim melalui BBM, WA, dll.

Banyak aplikasi lainnya yang sejenis, tetapi dari pengalaman penulis, ini adalah yang terbaik. Ada dua versi yang berbayar maupun yang free. Versi free mempunyai berbagai keterbatasan dan juga terdapat watermark dari file PDF yang dihasilkan.

Link PlayStore DI SINI (versi full).

3. Swiftkey Keyboard

Sebaik apapun aplikasi keyboard bawaan android Anda, sepertinya memang Switkey ini lebih baik.

SwiftkeyKeyboard

SwiftKey

Inti utamanya swiftkey ini mengingat apa yang pernah kita tulis sebagai prediksi, di samping beragam kustomasi yang memudahkan. Kita bisa mendownload hingga tiga bahasa sebagai dictionary awal misal English, bahasa Indonesia, dan Jawa sekaligus (ketiganya bekerja bersamaan). Bagi Anda yang “straigtforward” aplikasi ini paling cocok. Atur sedikit di sana-sini, maka sudah akan sangat sesuai dengan kemauan kita. Aplikasi lainnya seperti Kii Keyboard Premium juga menarik seperti adanya AutoText (4l4y) dan emoticon yang banyak. Tetapi sekali lagi bagi Anda yang tidak neko-neko maka swiftkey ini yang terbaik. Dulu aplikasi ini berbayar, sekarang gratis.

Link PlayStore DI SINI.

 4. Avast Mobile Security

Pembuat aantivirus yang satu ini memang luar biasa, penulis sudah merasakannya di versi komputer, bisa dikatakan terbaik kalau tidak mau salah satu yang terbaik.

Avast

Avast Mobile Security

Versi Android juga tak kalah baiknya, disamping antivirus standar, juga fungsi Anti Theft, serta yang penulis suka adalah fungsi Call blocker dan SMS Blocker, semuanya dikemas dalam satu aplikasi hemat memory. Kelebihan Avast lainnya adalah aplikasi ini tidak intrusif, tanpa iklan, dan gratis. Luar biasa.

Ctt: Fitur call blocker dan sms blocker tidak kompatibel dengan semua merk HP. Misalnya untuk LG, fitur ini tidak berfungsi, karena berbenturan dengan fitur call blocker bawaan Stock ROM.

Link PlayStore DI SINI.

5. Sidebar Pro

Aplikasi ini menambah area shortcut untuk berbagai aplikasi favorit kita di bar yang bisa dikeluarkan dari sisi kiri ataupun kanan, dan berbagai aplikasinya bisa discroll ke atas dan ke bawah.

Sidebar Pro

Sidebar Pro

Aplikasi sederhana yang sangat membantu, seperti pernah penulis sampaikan sebelumnya di blog ini. Versi free memiliki berbagai keterbatasan, jika Anda perlu pakailah versi pro.

Link PlayStore DI SINI.

6. Call Recorder

Ada banyak aplikasi call recorder, dan penulis pastikan tidak semua aplikasi tersebut akan kompatibel dengan HP Anda, karena metode perekaman percakapan itu spesifik untuk tiap device. Coba satu per satu hingga Anda temukan yang bisa bekerja di HP Anda. Cari dan coba sendiri aplikasi call recorder yang bisa bekerja baik di HP Anda.

CallRecorder

CallRecorder

Untuk aplikasi yang dipakai penulis seperti tersebut di atas lumayan kompatibel dengan banyak HP dengan sedikit pengaturan di seting “time delay before recording” (jika dibiarkan default aplikasi ini tidak bisa bekerja). Aplikasi ini sebenarnya untuk device yang di-root, tetapi bisa bekerja juga ternyata di HP non-root dengan perekaman metode Standard-API. Hasil atau kualitas suara yang dihasilkan dari rekaman tersebut sangat jelas dan memuaskan.

Link PlayStore DI SINI.

7. Scientific Calcullator

Secanggih apapun aplikasi kalkulator bawaan HP, memang aplikasi pihak ketiga ada yang lebih baik. Untuk urusan kalkulator penulis menyarankan 2 atau 3 aplikasi sekaligus tergantung jenis yang mana yang Anda perlukan di tempat kerja, di bangku kuliah atau sekolah:

Dua aplikasi rekomendasi penulis adalah HF Scientific Calculator dan MyScript Calculator.

HF_Scientific_Calculator

HF Scientific Calculator

MyScript_Calculator

MyScript Calculator

Dari segi fungsi dan kelengkapan HF Calculator bisa dikatakan yang terbaik, dengan penulisan persamaan yang natural, sementara Script Calculator menyenangkan karena mengenali tulisan tangan dan persamaan komplek sebelum dikalkulasi.

Rekomendasi ketiga adalah RealCalc Plus.

Bila tidak mau terganggu iklan, pakailah yang versi berbayar.

Link PlayStore HF Calculator DI SINI, dan MyScript Calculator DI SINI.

8. Unified Remote

Aplikasi ini pada prinsipnya adalah menggunakan HP Android kita sebagai remote komputer dengan koneksi wifi atau bluetooth. Berguna untuk presentasi PowerPoint, menonton Youtube di layar eksternal komputer, mengatur music player dari tempat tidur, atau sekedar menggerakkan mouse atau membuka program.

UnifiedRemote

Unified Remote Full

Ratusan fungsi remote dari satu aplikasi ini dan banyak kustomasi bisa dilakukan untuk memenuhi keinginan user. Bisa juga menggunakan fitur infra red untuk HP yang mendukungnya.

Link PlayStore DI SINI.

9. QR Droid

Biasanya aplikasi barcode scanner sudah ada bawaan HP. Kelebihan QR Droid ini disamping bisa membaca QR Code dan barcode berbagai jenis, maka aplikasi ini bisa juga membuat kode tersebut untuk kita simpan dan dishare ke media lain, seperti misalnya kalau kita ingin membuat kartu nama digital.

QRDroid

QR Droid

Aplikasi ini mendukung banyak add-ons dan kustomasi, serta gratis.

Link PlayStore DI SINI.

 10. Battery Full Notification

Aplikasi sederhana ini bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai gadget kita. Aplikasi akan membunyikan alarm notifikasi ketika baterai telah penuh di-charge, atau bisa kita atur misalnya ketika sudah mencapai 99%.

Dengan aplikasi ini baterai kita terhindar dari overcharging, sehingga memelihara kesehatan dan keawetannya.

BaterryFullNotification

Battery Full Notification

Aplikasi ini gratis.

Link PlayStore DI SINI.

________________________

Demikian 10 aplikasi atau utilitas bermanfaat yang semoga pembaca sekalian bisa mendapatkan manfaat tambahan dari gadget android dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi lainnya yang juga sangat menarik yang diinstal penulis tetapi tidak bisa penulis bagikan di sini karena berhubungan dengan “spionase” terhadap komputer atau HP android lain.🙂

Beberapa aplikasi lainnya lagi yang layak dicoba antara lain: Solid Explorer atau ES File Explorer (bisa mengakses jaringan), EagleEyes Plus untuk mengakses CCTV di rumah atau kantor atau publik, Disk Usage untuk memetakan isi atau volume SD Card, dan Zedge untuk mendownload ringtone atau wallpaper secara mudah.

Sekian dulu dari penulis, jika pembaca menyarankan aplikasi utilitas lainnya yang sekiranya penting untuk pembaca lainnya, silakan tuliskan di kolom komentar, sehingga kita semua beroleh manfaat.

Terima kasih.